Uncategorized

FORUM DEMOKRATIKU NASIONAL (APMT, BUP, PST, PSD, PDP, MLPM, PDC) KOMUNIKADU DE IMPRENSA

Forum Demokratik Nasional adalah wadah partai-partai politik yang memegang teguh sifat Oposisi Extra Parlamentar sesuai dengan amanat pasal 70 Konstitusi RDTL, nomor 2, yang membenarkan hak-hak partai untuk bertindak sebagai kekuatan-kekuatan Oposisi.
Sebagai wadah kekuatan-kekuatan politik Extra-Parlamenter, FDN menyadari bahwa memiliki hak dan kewajiban, setara dan setingkat dengan partai-partai yang memiliki kursi di Parlamen Nasional, untuk mewakili kepentingan-kepentingan pemilihnya serta memiliki kewajiban untuk ikut serta membela pelaksanaan Konstitusi RDTL secara murni dan konsekuen.
Dengan berpegang teguh pada kesadaran dan keyakinan tersebut diatas, FDN sadari bahwa Pemerintah minoritas FRETILIN-PD telah secara saksama selama hampir 4 bulan lebih berusaha secara terang dan menghalalkan segala cara mempertahankan kekuasaannya yang tidak didukung oleh asas maioritas parlamenter sebagaimana diatur dalam pasal 106 dan 85 Konstitusi RDTL dengan konsekuensis yang amat berat terdahadp kehidupan social, ekonomi rakyat Timor Leste. Rakyat Timor Leste yang miskin telah sangat mendalam merasakan penderitaan ekonomis yang disebakan oleh tindakan sebuah pemerintah minoritas.
FDN seykain-yakinnya bahwa sebuah Pemerintah minoritas tidak mungkin dapat melaksanakan pembangunan sebagaimana diharapkan dan dinantikan oleh segenap rakyat Timor Leste. Dan bila situasi ini dibiarkan akan sangat merugikan seluruh rakyat Timor Leste.
FDN secara terang memahami bahwa kondisi ekonomi yang kian memburuk, akan sendirinya melahirkan kondisi-kondisi yang akan menghambat perkembangan pembangunan Timor Leste , baik fisik maupun nonfisik.
Dengan berpegang padan keyakinan dan kesimpulan tersebut diatas ; dan dengan kesadaran penuh akan kewajiban sebagai kekuatan-kekuatan politik yang secara sah hidup dan beraktifitas di Timor Leste, FDN
Mendesak President Republik Demokratik Timor Leste untuk sesegera mungkin mengambil keputusan-keputusan sebagai berikut :
1. Melaksanakan mandat pasal 86 huruf (d) untuk segera memanggil sidang luar biasa Parlamen Nasional, oleh karena Ketua Parlamen Nasional telah secara jelas, terang dan lengkap , dengan segala manuvernya, menghambat sebuah Lembaga Tinggi Negara untuk melaksanakan tugas-tugasnya demi mewujudkan harapan-harapan seluruh pemilih dan segenap rakyat Timor Leste;

a.) Menghimbau bahwa :
1. Dalam pertarungan polititk kekuasaan tidak pernah boleh, dalam momentum apapun dan tingkat apa saja, mengabaikan ketaatan secara murni dan konsekuen terhadap amanat-amanat Konstitusi RDTL, agar kita semua tidak melahirkan perseden-preseden hukum yang tidak membantu pelaksanaan asas Negara Hukum dan Negara Demokratis yang secara bulat disetujui oleh seluruh Bangsa lewat wakil-wakilnya yang duduk dalam sdiang Dewan Kosntituante;
2. Tidak terdapat kondisi, baik yuridis maupun finansial, untuk pelaksanaan Pemilihan Umum yang dipercepat. Bila kita berargumentasi bahwa ada uang, semestinya uang itu digunakan untuk membantu keluarga-keluarga miskin yang kita katanya mewakili dalam percaturan politik untuk memenuhi kehidupan yang lebih bercukupan.

Atas nama seluruh keuatan politik yang tergabung dalam FDN,
Mandataris

Pedro Ramalho
Ketua APMT

Hermenegildo Lopes/KUPA
Ketua PMD dan Juru bicara FDN

Disetujui oleh Dewan Presidensil FDN :

Advertisements